Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina – Cara membedakan burung lovebird memang gampang – gampang susah perlu ketelitian dalam tolak ukur nya untuk memastikan bahwa lovebird tersebut jantan atau betina nya. Banyak metode yang bisa dilakukan dari pemeriksaan fisik maupun tes secara ilmiah, tentu saja pemeriksaan melalu methode ilmah jauh lebih akurat ya itu melalui tes DNA.

Burung Lovebird merupakan salah satu dari sembilan jenis genus Agapornis yang berarti Agap “cinta” dan Ornis yang berarti “cinta” dalam bahasa Yunani.

Cara Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina Melalui ciri – ciri fisik diantara nya ;

  • Tulang Panggul

Lovebird betina memiliki tulang panggul yang lebih lebar dibandingkan dengan lovebird jantan. Hal ini dikarenakan burung betina harus mengeluarkan telur. Cara untuk mengetes adalah pegang burung dengan posisi terbalik, lalu tekan dengan perlahan area panggul (lihat gambar), anda akan merasakan tulangnya melalui bulu dan kulit. Kemudian bandingkan antara betina dan jantan, sehingga dapat mengerti perbedaannya.

  • Suara Ngekek

Lovebird merupakan burung yang cukup aktif bersuara. Ketika berbunyi, suara yang dikeluarkannya seperti surang ngekek. Dari suara ini juga bisa dibedakan mana lovebird jantan dan betina. Lovebird jantan suara ngekeknya akan terdengar pendek-pendek. Berbeda dengan suara ngekek lovebird betina yang cenderung panjang.

  • Perilaku

Dalam bertengger terdapat perbedaan yang sangat jelas untuk membedakan lovebird jantan dan betina, kalau jantan agak lebih tegap berdiri nya dan kedua belah kaki agak sedikit rapat, akan tetapi berbeda sekali dengan lovebird betina apabila berdiri agak sedikit bungkuk dan kedua belah kaki nya agak sedikit ngangkang.

  • Warna

Burung Lovebird indah akan warna bulu nya, perbedaan lovebird jantan memiliki warna bulu yang tampak cerah dibandingkan dengan lovebird betina yang cendrung kusam, dalam metode ini perlu sangat ketelitian dalam membedakan warna cerah dan kusam.

  • Paruh

Lovebird jantan memiliki paruh yang relatif kering dan runcing sedangkan lovebird betina memiliki paruh relatif basah dan besar yang berguna untuk saat meloloh anak piyik nya.

Baca Juga :  Cara Mengobati Lovebird Yang Terkena Snot

Cara yang paling ampuh dalam membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan cara tes DNA, dengan cara methode ini tingkat keakuratan nya bisa mencapai 100% akurat.

Salam Sukses Dalam Berternak Lovebird – Peternak Lovebird

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *