Cara Mengobati Lovebird Yang Terkena Snot

Cara Mengobati Lovebird Snot – Lovebird merupakam salah satu burung jenis pemakan biji-bijian yang banyak disenangi oleh penghobi burung. Corak warna bulu lovebird jadi daya tarik pengagum burung paruh bengkok kecuali suara kicau burung LB yang khas “ngekek” dan kecerdasan terima pelatihan dari sang perawatnya.

Pernahkah lovebird anda mengalami sakit mata? Sakit mata pada lovebird bisa berdampak serius bagi kelangsungan hidup lovebird sendiri dan tentunya menghambat produksi jika diternak. Gejala awal sakit mata lovebird bisa dilihat dari dari mata yang berair dan di tepi mata berwarna kekuning-kuningan. tetapi jika sakit matanya sudah parah, maka mata lovebird akan bengkak, berair, dan tumbuh benjolan seperti daging di tepi mata. Jika sudah parah lovebird akan mengalami perilaku aneh seperti mematuk-matuk sendiri karena pandangannya sudah tidak jelas. Lovebird juga akan kurus karena tidak melihat makanannya sehingga tidak makan.

Sinyal umum pada lovebird yang terserang Snot yaitu kerap keluar cairan di bagian mata, lantaran ada rasa yang mengganggu jadi burung bakal kerap menggosokannya matanya pada tenggeran atau pada jeruji sangkar dengan cara berkali-kali, menyusutnya nafsu makan yang menyebabkan badan jadi kurus, ada pembengkakkan di sekitar kelopak mata yang berwarna merah, bila telah terlampau lama burung merasakannya jadi struktur kotorannya bakal cair dan berwarna putih

Cara Ini Bisa Mengobati Lovebird Yang Terkena Snot atau Penyakit Mata

  1.  Perawatan harian

Untuk lovebird yang sedang sakit mata, anda sebaiknya tidak menjemur lovebird baik pagi maupun sore hari. Anda harus menjauhkan lovebird yang sedang sakit mata dari sinar matahari. Saran kami adalah sebaiknya pisahkan lovebird yang sakit mata dari lovebird lain dan ditaruh dalam sangkar tersendiri untuk diisolasi. Pengerodongan wajib anda lakukan setiap hari untuk menghindari pancaran sinar UV/matahari.

  1. Pemberian pakan dan minum

Seperti halnya lovebird biasa, untuk lovebird yang sakit mata boleh diberi makan berupa millet merah dan putih. Pakan ekstra (EF) bisa diberikan setiap hari, cukup dengan jagung muda saja, usahakan tidak memberikan kangkung. Sedangkan untuk minumannya, anda bisa mencampurkan multivitamin pada minuman lovebird setiap hari untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya selama lovebird sakit mata. Tetapi porsi minum hanya setengah saja.

  1. Pemandian dan pejemuran

Untuk lovebird yang sedang sakit mata, anda tidak perlu memandikannya. Cukup dengan membersihkan kotoran/fecesnya saja setiap hari. Sekali lagi, tidak perlu memandikan dan menjemurnya sebelum sakit matanya benar-benar sembuh. Karena paparan sinar matahari akan membuat penyakit mata semakin parah.

  1. Pengobatan sakit mata

Cara mengobati lovebird snot atau sakit mata pada lovebird cukup mudah dan harus anda lakukan sesegera mungkin sebelum bertambah parah.

Berikut ini cara mengobati sakit mata pada lovebird :

  • Rendam kain yang bersih dan halus di dalam air hangat.
  • Bersihkan mata lovebird yang sakit dengan kain yang telah dibasahi tersebut. Usahakan kain tidak terlalu panas namun jangan terlalu dingin. Cukup bersuhu hangat saja.
  • Oleskan salep mata atau tetes mata pada bagian mata yang sakit dan yang tidak sakit setiap hari. Ini untuk mengantisipasi mata yang satu agar tidak ikut sakit. Cukup 1x sehari, bisa pagi atau sore.
  • Cara mengobati lovebird snot di atas dilakukan apabila sakit mata pada lovebird masih belum terlalu parah, dan bisa diterapkan pada burung lain seperti kacer, murai batu, cucak hijau, atau anis kembang. Jadi jika burung kicau anda mengalami sakit mata, anda bisa segera melakukan tindakan-tindakan di atas. Dan jika sudah terlalu parah, sebaiknya dibawa ke dokter hewan di lingkungan anda secepatnya.

Obat kimia yang bisa digunakan antara lain:Sulfatiasol. Sulfadimetoksin. Streptomisin. Sulfametasin. Sulfamerasin. Eritromisin. Vibravet (soluble powder) dengan takaran 4 gram dicampur 1 liter air minum, diberikan 4 – 5 hari (dianjurkan peracikan hanya oleh dokter hewan karena kalau dilakukan sendiri dan dosis tidak tepat mengakibatkan resiko lanjutan atau mati) . Untuk obat luar bisa menggunakan tetes mata khusus hewan / untuk manusia tapi dengan dosis yang rendah dahulu. Pemberian vitamin agar nafsu makan bertambah juga diperlukan seperti tertachorl.

jadi snot itu bukanlah sekedar penyakit mata biasa yang bisa disembuhkan oleh obat tetes biasa, tapi diperlukan juga antibiotik untuk menghilangkan virusnya.

Semoga dengan cara cara seperti diatas burung lovebird kita dapat disembuhkan dan kembali sehat

Salam Breeder Lovebird Lover Peternak Lovebird

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *