Cara Mudah Menjodohkan Burung Lovebird

proses penjodohan burung lovebird memang gampang-gampang sulit saudara-saudaraku tercinta ,tapi tenang tante kicau mania dapat membantu anda dengan membaca secara perlahan tulisan di blog ini.

Banyak peternak terkecoh dengan kemesraan sepasang lovebird, dan ketika peternak sudah yakin dengan itu ternyata burung tak kunjung bertelur. Bisa jadi kedua indukan tersebut berjenis kelamin betina semua atau bahkan pejantan semua. Perlu sobat tahu burung lovebird adalah burung yang sangat unik, karena mereka dapat saling bermesraan walaupun dengan sesama jenis, oleh sebab itu saya katakan sekali lagi, untuk mendapatkan hasil yang ampuh dan untuk mengetahui cara menjodohkan lovebird anda harus memastikan jenis kelamin lovebird yang akan dijodohkan itu,jika lovebird anda bertelur tapi tidak pernah jadi atau selalu gagal menetas bisa di prediksi sepasang love bird anda berjenis kelamin betina semua.

Cara Menjodohkan Lovebird

1.Menggunakan Metode Koloni

Para peternak atau penangkar lovebird yang sudah berhasil biasa menggunakan metode koloni dalam proses perjodohan, yah cara menjodohkan lovebird dengan cara ini sangat ampuh dan cepat berhasil. Metode koloni adalah proses perjodohan dengan menggunakan beberapa indukan burung lovebird yang di campurkan ke dalam satu kandang besar. Dengan cara ini burung akan mencari pasangannya sendiri sendri dan selama proses perjodohan ini sebaiknya sobat perhatikan perkembangan indukan burung tersebut.

Metode ini terbilang sangat cepat dan praktis dan banyak di gunakan para peternak sukses, namun agar anda tidak terkecoh terutama untuk peternak pemula, sebaiknya beri tanda mana indukan jantan dan betina, karena yang sudah saya katakan di atas tadi, lovebird bisa bermesraan walaupun berjenis kelamin yang sama. Lalu bagai mana melihat ciri sudah berjodoh? Setelah beberapa burung di satukan di dalam kandang tersebut selang beberapa hari lovebird akan menunjuk kan tingkah laku mereka seperti ketika sudah cocok burung akan saling bermesraan dan ketika sudah berjodoh lovebird akan saling merapihkan bulu mereka dan terlihat sangat akur.

Dan untuk lovebird yang tidak berjodoh mereka akan mematuk kaki pasangannya terlihat marah ketika di satukan di dalam kandang yang bersamaan. nah untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mengambil kedua indukan yang tidak berjodoh tersebut dan pindahkan kedalam satu kandang yang sudah di sekat atau menggunakan metode  kandang sekat.

2.Menggunakan Metode  kandang sekat

 cara menjodohkan lovebird menggunakan metode kandang sekat. Kandang sekat ini biasa digunakan untuk para peternak yang hanya memiliki sepasang indukan lovebird atau di gunakan untuk burung yang tidak berjodoh ketika di satukan di dalam kandang koloni,  seperti gambar dibawah ini,soal harganya sih relatif murah sekitar 120-150 tergantung merk dan ukurannya jadi tinggal pilih sesuai isi dompet anda.

Untuk lovebird yang tidak berjodoh tadi dan bagi sobat yang hanya memiliki sepasang burung lovebird, atau sepasang lovebird yang di dapat dari peternakan yang berbeda. masukan kedua indukan tersebut kedalam kandang sekat, atau jika anda tidak memiliki kandang yang bersekat sobat bisa menggunakan alternative lain dengan menggunakan kandang harian. tempelkan kedua kandang tersebut secara berdekatan, kemudian biarkan kedua indukan tersebut selama beberapa hari hingga kedua burung saling mengenal satu sama lain, cara menjodohkan lovebird dengan cara ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama karena kedua burung tersebut belum mengenal satu sama lain.

Pantau terus kedua indukan tersebut dan harus anda ingat taruh kandang sekat atau kandang harian di tempat yang tenang dan terbebas dari kebisingan atau bisa juga di taruh di dalam ruangan yang khusus dan usahakan agar kedua kandang jangan selalu di pindah pindah. Setelah selang beberapa hari biasanya burung akan saling mendekat dan dan biasanya akan saling beradu paruh walaupun gerakan burung sangat terbatas.

Dan ketika kedua burung sudah berdekatan dan setiap malam tidur berdekatan tandanya kedua indukan sudah mulai berjodoh. Saat kedua indukan sudah terlihat berjodoh, buka sekatan kandang agar kedua indukan bisa bersatu atau jika sobat menggunakan kandang harian pindahan indukan jantan ke dalam kandang indukan betina. cara ini berlaku agar burung yang sudah berjodoh segara melakukan proses kawin. Sebaiknya selama proses perjodohan tersebut berikan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan berprotein tinggi agar burung cepat birahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *